PTI (Pengantar Teknologi Informasi)

Daftar Menu

Kamis, 19 Desember 2013

Pertemuan ke-10



Pengantar Teknologi Informasi
" Pertemuan 10 "
" Pengantar Grafika dan Multimedia "
Intro
Kemajuan teknologi informasi merupakan suatu perkembangan yang memberikan akses terhadap perubahan kehidupan masyarakat. Akibat kemajuan media teknologi informasi, kehidupan masyarakat memasuki zone rekreatif (hiburan).
Teknologi yang mampu menjawab berbagai kebutuhan tersebut adalah teknologi Multimedia..!
Mengapa Multimedia..?
Menurut Riset Computer Technology Research (CTR)  
Manusia mampu mengingat 20 % dari apa yang dia lihat
Manusia mampu mengingat 30% dari yang dia dengar
Manusia mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat
Manusia mampu mengingat 70% dari yang dia lihat, didengar dan dilakukan
Definisi :
Multimedia :
Multimedia is the use of several different media to convey information (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity)”.
Komputer Multimedia :
Komputer Multimedia adalah sebuah komputer yang dikonfigurasi sesuai dengan rekomendasi dan memiliki sebuah CD-ROM
CD-ROM pada waktu itu dijadikan standard dikarenakan dahulu multimedia sebatas hanya kemampuan komputer untuk menampilkan video melalui sebuah CD-ROM saja
Jenis Multimedia
Pada perkembangannya Multimedia dibagi atas dua jenis :
Multimedia Linier
multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan),
contohnya: TV dan film.
Multimedia Interaktif
multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya.
Contoh multimedia interaktif adalah: multimedia pembelajaran interaktif, aplikasi game, dll.
Pengembangan Bidang Multimedia
Bidang Instructional Designer
meliputi: Software application, Role play template, Interactivity matter, Certification procedure, Learning Strategy
Bidang Art Designer
meliputi: Graphic Icon, Color Harmony, Software Aplication, Background & Layout, Role play template, Sound Recording, Animated Object
Bidang Software Engineer
meliputi: Development Process, Development Tools, Code Development, Software Testing, Software Maintenance
Contoh Pemanfaatan Multimedia
Pemanfaatan Multimedia dalam bidang :
Advertising
ex : ...
Education
ex : ...
Network and Internet
ex : ...
Pengaruh Multimedia
Pengaruh multimedia terhadap kebiasaan manusia, diantaranya :
Mengubah tempat kerja.
Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor.
Mengubah cara belanja.
Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya.
Mengubah cara bisnis.
pebisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking dan internet-banking.
Pengaruh Multimedia
Mengubah cara memperoleh informasi.
Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi.
Mengubah cara belajar.
Sekolah mulai menggunakan computer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
Internet Multimedia.
juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.
Perangkat lunak multimedia
Adalah komponen-komponen dalam data processing system, berupa program-program untuk mengontrol bekerjanya system multimedia.
Perangkat lunak ini digologkan menjadi tiga bagian, yaitu :
Bahasa pemrograman multimedia.
ex : Lingo, Action Script
Perangkat lunak system multimedia.
ex : Operating System dan Utility (antiVirus)
Perangkat lunak aplikasi multimedia.
ex :  -- |)=>
Software Aplikasi Multimedia
Perangkat Pengolah Teks
Perangkat Lunak pengolah Animasi dan Grafik 2D
Grafik 2D Vektor : Corel draw, Inkscape, macromedia freehand, adobe, illustrator, open draw dll.
Grafik 2D Raster, misalnya : Adobe Photoshop, Gimp dll.
Animasi, misalnya : Macromedia Flash, Adobe Image Ready dll.
Perangkat Lunak pengolah Animasi dan Modelling Grafik 3D
Ex : 3D Max, blender, maya, softimage, lighware dll.
Perangkat Lunak Authoring Multimedia
Ex : Windows Movie Maker, OpenShot
Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis Web
Ex : Icon generator, dll
Sistem Multimedia
Adalah suatu sistem yang mendukung lebih dari satu media. Suatu sistem bisa disebut sebagai sistem multimedia jika terdapat :
Kombinasi Media
Sistem disebut sistem multimedia jika kedua jenis media (continuous/ discrete) dipakai.  Contoh media diskrit : teks dan gambar, dan media kontinu adalah audio dan video.
Independence
Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan antar media tersebut. Sistem disebut sistem multimedia jika tingkat ketergantungan atau keterkaitan antar media tersebut rendah.
Computer-supported Integration
Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh komputer. Sistem dapat diprogram oleh system programmer/ user.
Pembagian Sistem Multimedia
Sistem Multimedia Stand Alone
Sistem ini berarti merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), output (speaker, monitor, LCD Proyektor), VGA dan Sound card.
Sistem Multimedia Berbasis Jaringan
Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar.
Karir dalam Multimedia
Bidang teknologi multimedia merupakan profesi yang sedang dibutuhkan pada saat sekarang dan yang akan datang.
syaratnya Imajinasi yang kuat diperlukan di bidang ini untuk dapat membayangkan, melihat potensi, menciptakan apa yang tidak terbayangkan oleh kebanyakan orang saat ini.
Berikut ini adalah profesi yang membutuhkan teknologi multimedia :
Pemasaran, animasi, desain grafis, electronic publishing, editor, desain game, public relations, spesial efek, produksi video, dan web master.
:: Selesai ::
link dowload

Tidak ada komentar:

Posting Komentar