PTI (Pengantar Teknologi Informasi)

Daftar Menu

Kamis, 19 Desember 2013

Pertemuan ke-9



Pengantar Teknologi Informasi
" Pertemuan 9 "
" Pengantar Kecerdasan Buatan "
Kecerdasan Buatan ..?
Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI)
Berasal dari bahasa Inggris
Artificial = Buatan
Intelligence = Kecerdasan
Rich and Knight [1991]:
“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia.”
Perspektif AI
Dari perspektif Kecerdasan (Intelligence) AI adalah bagaimana membuat mesin yang “cerdas” dan dapat melakukan hal-hal yang sebelumnya dapat dilakukan oleh manusia
Dari perspektif bisnis, AI adalah sekelompok alat bantu (tools) yang berdaya guna, dan metodologi yang menggunakan tool-tool tersebut guna menyelesaikan masalah-masalah bisnis.
Dari perspektif pemrograman (Programming), AI termasuk didalamnya adalah studi tentang pemrograman simbolik, pemecahan masalah, proses pencarian (search)
Sejarah AI
Abad ke-17 sampai abad ke-19
Para ilmuwan dan peneliti mulai memikirkan cara agar mesin dapat melakukan pekerjaan seperti yang dilakukan manusia.
Banyak ditemukan penemuan-penemuan penting, seperti, pengembangan komputer elektronik pertama, program permainan catur, pengembangan bahasa PROLOG (Programming in Logic) dll.
Ref. Prolog
Prolog adalah bahasa pemrograman logika atau di sebut juga sebagai bahasa non-procedural. Namanya diambil dari bahasa Perancis programmation en logique (pemrograman logika). Bahasa ini diciptakan oleh Alain Colmerauer dan Robert Kowalski sekitar tahun 1972 dalam upaya untuk menciptakan suatu bahasa pemrograman yang memungkinkan pernyataan logika alih-alih rangkaian perintah untuk dijalankan komputer.
Berbeda dengan bahasa pemrograman yang lain, yang menggunakan algoritma konvensionl sebagai teknik pencariannya seperti pada Delphi, Pascal, BASIC, COBOL dan bahasa pemrograman yang sejenisnya, maka prolog menggunakan teknik pencarian yang di sebut heuristik (heutistic) dengan menggunakan pohon logika.
Tujuan dari Kecerdasan Buatan
Winston dan Prendergast [1984]:
Membuat mesin menjadi lebih pintar (tujuan utama)
Memahami apa itu kecerdasan, konsep berfikir manusia (tujuan ilmiah)
Membuat mesin lebih bermanfaat (tujuan entrepreneurial)
Ciri-ciri Cerdas
Mampu belajar dari pengalaman
Memahami pesan-pesan yang ambigous atau kontradiktif
Merespon secara cepat dan benar terhadap situasi baru
Melakukan reasoning (pertimbangan) untuk menyelesaikan masalah
Pembuktian AI dengan Turing Test
Turing Test merupakan sebuah metode pengujian kecerdasan yang dibuat oleh Allen Turing.
Proses uji ini melibatkan seorang penanya (manusia) dan dua obyek yang ditanyai, Manusia dan Mesin.
Penanya tidak bisa melihat langsung kepada obyek yg ditanyai
Penanya diminta untuk membedakan mana jawaban komputer dan mana jawaban manusia berdasarkan jawaban kedua obyek tersebut.
Jika penanya tidak dapat membedakan mana jawaban mesin dan mana jawaban manusia maka Turing berpendapat bahwa mesin yang diuji tersebut dapat diasumsikan CERDAS.
Bidang-bidang Ilmu Kecerdasan Buatan
Disiplin ilmu kecerdasan buatan meliputi :
Sistem Pakar (Expert System)
Suatu sistem yang dirancanga untuk dapat menirukan keahlian sesorang pakar dalam menjawab pertanyaan dan memecahkan suatu masalah dimana sistem dapat berdialog dengan manusia.
Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing)
Pembuatan program yang memiliki kemampuan untuk memahami bahasa manusia. Contoh : google translate, TTS (text to speech), alat bantu membaca untuk tunanetra dsb.
Bidang-bidang Ilmu Kecerdasan Buatan
Pengenalan Ucapan (Speech Recognition)
Pengembangan teknik dan sistem yang memungkinkan komputer menerima masukan berupa kata yang diucapkan. Contoh : Telepon untuk penderita bisu Tuli, Alat untuk tuna wicara, Voice Command.
Robotika dan Sistem Sensor
Sistem atau alat yang digunakan untuk menggantikan kinerja manusia secara otomatis
Intelligent Computer-Aided Instruction
Komputer dapat digunakan sebagai tutor yang dapat melatih mengajar. Contoh : Learn to Speak English
Bidang-bidang Ilmu Kecerdasan Buatan
Game Playing
Aplikasi permainan yang diprogram pada komputer sesuai dengan aturan yang ada pada basis pengetahuan. Contoh : permainan catur, kartu, dsb.
Computer Vision
Cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari bagaimana komputer dapat mengenali objek yang diamati/diobservasi. Gambar -> informasi. Contoh : Face Login, dll.
Bidang-bidang Ilmu Kecerdasan Buatan
Logika Fuzzy (Fuzzy Logic)
Logika Fuzzy adalah peningkatan dari logika Boolean yang berhadapan dengan konsep kebenaran sebagian. Saat logika klasik menyatakan bahwa segala hal dapat diekspresikan dalam istilah biner (0 atau 1, hitam atau putih, ya atau tidak), logika fuzzy menggantikan kebenaran boolean dengan tingkat kebenaran.
Logika Fuzzy memungkinkan nilai keanggotaan antara 0 dan 1, tingkat keabuan dan juga hitam dan putih, dan dalam bentuk linguistik, konsep tidak pasti seperti "sedikit", "lumayan", dan "sangat". Logika ini berhubungan dengan set fuzzy dan teori kemungkinan. Logika fuzzy diperkenalkan oleh Dr. Lotfi Zadeh dari Universitas California, Berkeley pada 1965.
Bidang-bidang Ilmu Kecerdasan Buatan
Jaringan Syaraf Tiruan
(Bahasa Inggris: artificial neural network (ANN), atau juga disebut simulated neural network (SNN), atau umumnya hanya disebut neural network (NN)), adalah jaringan dari sekelompok unit pemroses kecil yang dimodelkan berdasarkan jaringan saraf manusia. JST merupakan sistem adaptif yang dapat mengubah strukturnya untuk memecahkan masalah berdasarkan informasi eksternal maupun internal yang mengalir melalui jaringan tersebut.
Secara sederhana, JST adalah sebuah alat pemodelan data statistik non-linier. JST dapat digunakan untuk memodelkan hubungan yang kompleks antara input dan output untuk menemukan pola-pola pada data.
Peng-aplikasian Kecerdasan Buatan
Contoh aplikasi nyata kecerdasan buatan dalam membantu kerja manusia, antara lain :
Bidang Komunikasi :
aplikasi Voice Command, yang mana dapat melakukan perintah seperti menelpon, membaca sms dan menulis, dll, dengan suara.
Bidang Kesehatan :
VUI (Voice User Interface) untuk penyandang cacat, pengenalan ucapan untuk melakukan kendali peralatan terentu, misal saklar listrik. Sistem pakar untuk mendiagnosa suatu penyakit.
Peng-aplikasian Kecerdasan Buatan
Bidang Lalu Lintas Udara :
komputer digunakan untuk mengatur lalu lintas udara  (Air Trafic Controller - ATC), untuk mengetahui keadan cuaca, navigasi dan radar.
Bidang Pertanian:
komputer digunakan untuk mengontrol robot yang melakukan pengontrolan terhadap proses penyiraman tanaman, pemantauan hama, pemilihan hasil panen dan tugas lainnya didunia pertanian.
Pabrik :
mengontrol robot yang harus melakukan pekerjaan yang berbahaya jika dilakukan oleh manusia, pekerjaan yang sangat membosankan, memerlukan ketelitian tinggi, pengawasan dan maintenance.
Viksi ilmiah tentang AI
Dalam fiksi sains, AI umumnya dilukiskan sebagai kekuatan masa depan yang akan mencoba menggulingkan otoritas manusia seperti dalam HAL 9000, Skynet, Colossus and The Matrix atau sebagai penyerupaan manusia untuk memberikan layanan seperti C-3PO, Data, the Bicentennial Man, the Mechas dalam A.I. atau Sonny dalam I Robot.
Sifat dominasi dunia AI yang tak dapat dielakkan, kadang-kadang disebut "the Singularity", juga dibantah oleh beberapa penulis sains seperti Isaac Asimov, Vernor Vinge dan Kevin Warwick. Dalam pekerjaan seperti manga Ghost in the Shell-nya orang Jepang, keberadaan mesin cerdas mempersoalkan definisi hidup sebagai organisme lebih dari sekedar kategori entitas mandiri yang lebih luas, membangun konsep kecerdasan sistemik yang bergagasan. Lihat daftar komputer fiksional (list of fictional computers) dan daftar robot dan android fiksional (list of fictional robots and androids).
                Seri televisi BBC Blake's 7 menonjolkan sejumlah komputer cerdas, termasuk Zen (Blake's 7), komputer kontrol pesawat bintang Liberator (Blake's 7); Orac, superkomputer lanjut tingkat tinggi dalam kotak perspex portabel yang mempunyai kemampuan memikirkan dan bahkan memprediksikan masa depan; dan Slave, komputer pada pesawat bintang Scorpio.
Manakah yang Sesuai
:: Selesai ::

link download:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar